You are here
Home > Kuliner > 6 Kuliner Khas Solo Terpopuler

6 Kuliner Khas Solo Terpopuler

Kota Solo yang juga disebut Surakarta adalah wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah. Alih-alih kota Solo jadi teringat Bapak Presiden Jokowi. Skip-skip… Selain dikenal dengan kebudayaannya yang kental, kota ini juga terkenal dengan banyaknya jajanan kuliner lho Sob terutama kuliner khas Solo.

Ciri kuliner khas Solo yaitu bercita rasa manis dengan komposisi kecap, gula jawa dan gula pasir menjadi bahan wajib rasa manis itu. Pada kesempatan kali ini Admin akan menyajikan kuliner khas Solo yang pastinya menggoyang di lidah, simak berikut ini Sob :
1. Serabi Notosuman

serabi-notosuman

Jika Bandung punya serabi enhaii yang cukup terkenal, sekarang giliran Solo yang punya Notosuman yang telah melegenda dan dikelola turun temurun. Berkunjung ke Kota Solo tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Serabi Notosuman.  Sobat bisa langsung datang ke Jl. M. Yamin No. 28, Solo.

Serabi Notosuman ini berbeda dengan Serabi Bandung, yakni bentuknya yang cenderung tipis dan lembut. Rasa santannya yang kuat dimulut. Dijamin Sobat tidak puas kalau mencicipinya hanya satu kali. Nyamm… Oya, sebagai informasi Serabi Notosuman ini bukan jam 7 pagi. Jika Sobat mau kesini jangan terlalu siang yah, karena Serabi Notosuman ini sudah dikepung Pecinta Kuliner sejak pagi hari.

 

2. Nasi Liwet

nasi-liwet-solo

Kuliner Solo kali ini adalah nasi liwet, hmm jadi lapar kalau ngebayangin nasi liwet. Sebenarnya nasi liwet tidak ada bedanya dengan nasi-nasi lainnya. Tetapi yang menjadi istimewa adalah isi dan rasanya, alamak oi maknyuss. Satu porsi nasi liwet terdapat telur, irisan ayam, sayur labu siam, dan kuah khas nasi liwet. Biasanya disajikan dengan piringan bambu yang dilapis daun pisang. Sobat dengan mudah bisa mendapatkan nasi liwet, apalagi jika dihari libur pagi para pedagang bertebaran di kota Solo. Salah satu yang paling terkenal adalah nasi liwet Wongso Lemu yang sudah sangat melegenda namanya karena saking lamanya. Alamat nasi liwet wongso lemu berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo.

 

3. Timlo

timlo-solo

Yang ketiga ini timlo kuliner yang super enak di Solo. Timlo adalah sejenis sup yang dilengkapi dengan kembang tahu, telur dan daging (bisa ayam atau sapi). Timlo biasanya disajikan selagi hangat. Warung Timlo dapat Sobat temui di Timlo Sastro Timur Pasar Gede, buka jam 7 pagi dan satu lagi di Timlo Solo Jl. Urip Sumoharjo buka jam 9 pagi sampai dengan jam 9 malam.

 

4. Tengkleng

tengkleng-solo

Tengkleng adalah salah satu kuliner khas Solo. Dikarenakan bahan utama yang digunakan adalah daging kambing sehingga lebih dikenal dengan tengkleng kambing. Mungkin terlihat mirip dengan gulai kambing, namun sebenarnya berbeda. Jika gulai kambing berkuah kental, karena menggunakan santan yang cukup banyak. Tengkleng kambing memiliki kuah yang lebih encer. Daging dan tulang kambing digunakan untuk bahan utama makanan ini. Jika Sobat mau mencobanya datang saja ke Warung Tengkleng Bu Edi yang terletak di bawah gapura Pasar Klewer Solo.

 

5. Selat Segar Solo

selat-solo-segar

Ini makanan ya Sob, bukan Selat Sunda diperairan sana. Selat segar solo termasuk kuliner khas di kota Solo. Selat Solo sebenarnya adalah beefsteak (yang biasa disebut : bistik) yang diimprovisasi sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang pas dengan lidah orang Jawa. Racikan selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari daging yang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, dan mayonaise. Kripik kentang semakin menambah gurih sajian kuliner khas Jawa Tengah ini. Kuning telur bercampur mustard membuat masakan ini berbeda dengan semur.

 

6. Sate Buntel

sate-buntel-solo

Yang terakhir kuliner Solo ini namanya sate buntel. Sate buntel yaitu sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Bumbu sate buntel terutama adalah merica dan kecap manis. Rasanya jangan ditanya, maknyus banget lah. Campuran bumbunya serta daging yang masih segar membuat rasa Sate Buntel itu semakin menggoyang lidah. Tidak jarang para pembeli bakal ketagihan dan datang lagi untuk menyantap sate buntel tersebut.  Dan bagi Sobat yang ingin mencoba, tidak salahnya untuk datang ke Warung Sate Bu Ratna Kecamatan Karangpandan Tawangmangu.

Pastinya masih banyak lagi kuliner khas Solo yang menggoda selera, namun Admin merekomendasikan 6 terlebih dahulu. Nantikan update artikel kami menarik lainnya.

 

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top