Tahun 2016 ini ada rencana liburan kemana, guys? Mau liburan ke Jawa Tengah? BUSTIKET punya info menarik nih seputar acara-acara yang akan diadakan di Jawa Tengah, let’s check out!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa acara ini masih menarik minat wisatawan-wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Berikut ini adalah beberapa acara-acara yang akan diadakan beberapa waktu kedepan seperti:

Perayaan Hari Waisak di Borobudur

Peringatan Hari Waisak akan diadakan pada Mei 2016, di Candi Borobudur. Umat Buddha di Yogyakarta dan sekitarnya akan berkumpul untuk melakukan peringatan hari waisak dengan melakukan beberapa ritual yang contohnya adalah: membawa air suci & api abadi ke Candi Borobudur, Ritual Pradaksina; puncak penghormatan tertinggi kepada Sidharta Gautama, ditandai dengan mengelilingi Candi Borobudur sebanyak tiga kali dan searah dengan jarum jam dan pada puncak acara akan ada pelepasan 1000 lampion yang semua pengunjung dapat mengikuti ritual ini, pelepasan 1000 lampion merupakan simbol suci untuk melepaskan energi negatif, amarah, dengki, dan segala macam hal negatif lainnya yang ada di dalam diri manusia, untuk ritual ini semua pengunjung dapat mengikuti ritual ini.

Ruwat Rambut Gembel, Dieng Culture Festival

 Dieng Culture Festival akan diadakan pada Agustus 2016, di Dieng. Salah satu acara di Dieng Culture Festival adalah ritual pemotongan rambut anak yang berambut gembel. Anak berambut gembel adalah anak bajang titisan Eyang Agung Kaladate dan Nini Ronce selaku leluhur warga suku Dieng. Karena dianggap titisan dewa itulah, maka anak berambut gembel tidak boleh dipotong rambutnya secara sembrono. Jika rambut anak gembel dipotong tidak melalui acara ritual yang khusus, maka si anak akan jatuh sakit dan dipercaya akan mendatangkan bencana bagi keluarganya. Selain itu, Anda dapat menikmati acara lain di Dieng Culture Festival sepeti Jazzdiatasawan, Harmoni Jiwa,  Rampak Budaya, Ekspedisi Pangonan, dan Gerlap Lampion.

Event Semarang Night Carnival pada Mei 2016, Solo Batik Carnival pada Juli 2016, Parade Seni Jawa Tengah pada Agustus 2016. Event ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Untuk event Borobudur International 10K akan diadakan pada bulan November 2016.

Selain acara-acara yang disebutkan diatas, masih banyak lho acara-acara yang akan digelar di kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Yuk datang ke acara-acara tersebut! Bingung transportasi untuk ke Jawa Tengah? Naik bus aja, Sobat…. Yuk pesan tiket bus online Anda hanya di http://bustiket.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here