Gembok cinta memang selalu menjadi ikon romantis untuk pasangan dimana pun itu. Kalau mendengar soal tempat wisata Korea yang ada gembok cintanya, pasti yang pertama kali terfikir adalah Namsan Tower. Yup, dua tempat itu terkenal dengan gembok cinta yang sudah melegenda. Sebenarnya, gembok cinta terlihat biasa saja namun menuliskan nama pasangan di gembok tersebut dan menyimpannya disana jika beberapa tahun kesana akan tetap ada gembok tersebut. Bisa dibilang gembok cinta seperti permohonan agar hubungan dengan orang tercinta tetap langgeng karena sudah terkunci, apalagi kuncinya sudah dibuang.

Nah, untuk kamu yang ingin romantis, tidak perlu jauh-jauh ke tempat wisata Korea. Indonesia kini juga punya tempat-tempat khusus untuk pasangan yang ingin memasang gembok cinta yang tertera nama kamu dan pasangan yang kamu cintai. Cie… uhuy!

Jembatan Repo-Repo, Kutai

Jembatan Repo-Repo artinya adalah Jembatan Gembok. Kata repo  berasal dari Bahasa Kutai yang artinya ‘gembok’. Lalu kenapa jembatan yang menghubungkan tepian Mahakam ke Pulau Kumala di Tenggarong dinamakan jembatan repo-repo ? Jembatan Repo-Repo ini ada di Tenggarong Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sepanjang pagar pinggir jembatan sudah disediakan tempat khusus sebagai tempat untuk memasang gembok cinta. Kamu bisa membuang kunci gembok itu di sungai bawah jembatan, agar gembok itu nggak akan bisa terbuka lagi.

Gembok Cinta BJBR, Probolinggo

Bee Jay Bakau Resort di Probolinggo Selain sebagai tempat berwisata dan bersantai juga dapat menjadi tempat pelabuhan gembok cinta kamu bersama pasangan, lho. Sudah tersedia spot tersendiri untuk memasang gembok. Jika kamu tidak bawa gembok, beli saja disana dengan harga sekitar Rp. 25.000 s/d Rp. 30.000,-

Titik 0 KM, Yogyakarta

Yogyakarta juga terdapat instalasi publik bernama Digital Heart. Tempat ini berfungsi untuk mengaitkan gembok cinta yang digagas oleh seorang seniman asal Bali bernama I Made Arya Palguna, dengan ketinggian sekitar 3 meter dan lebar 4 meter. Walaupun bentuk dan warnanya kurang mencerminkan sisi romantis, namun sudah ada banyak gembok dengan tulisan nama terpasang di beberapa bagian dari obyek berbentuk hati sebagai lambang cinta itu. Selain berfungsi untuk mengaitkan dan menggantung gembok, tempat yang berada di KM.0 Kota Yogyakarta ini juga merupakan salah satu spot menarik dan selalu didatangi siapa saja.

Farm House, Lembang, Bandung

Farm House mempunyai beragam fasilitas dan tempat menarik. Wahana wisata yang berada di Jalan Raya Lembang, Cihideung, Bandung Barat ini juga memiliki satu spot untuk menggantungkan gembok cinta. Walaupun tempatnya tidak sebegitu besar, namun sudah ada beberapa gembok yang terpasang di jeruji pagar kawat yang di dekatnya mengalir sungai kecil. Tempat satu ini merupakan salah satu spot favorit untuk dijadikan background selfie oleh para pengunjung.

Dermaga Hati, Ancol

Jakarta juga ada tempat sejenis untuk menggantungkan gembok cinta yang berada di Pantai Ancol, bernama Dermaga Hati. Walaupun tidak memiliki bentuk pagar berkerangka hanya pagar kayu saja dan tengahnya berbentuk hati, namun hanya berupa rantai saja, sudah ada banyak gembok-gembok yang tertambat di tempat tersebut. Dermaga di Ancol ini dikelilingi oleh pagar kayu yang tengahnya ada bentuk hati bertulis Dermaga Hati . Di sekitar pagar sudah disediakan rantai yang bisa kamu gunakan buat menggembok cintamu. Sayangnya tempat ini kurang terawat dan penuh coret-coretan tangan nakal.

Nah, nggak perlu sampai ke wisata Korea untuk menggembok cintamu dan si dia, Indonesia juga punya banyak tempat buat menggembok cintamu. Tempat-tempat ini layak kamu kunjungi kalau ingin mengabadikan kisah cintamu dengan dia. Tidak hanya sama pacar aja, kamu juga bisa gembok cintamu dengan orang-orang terdekatmu. Selamat menggembok cintamu, Sobat BUSTIKET!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here