Jika pepatah mengatakan ada banyak jalan menuju Roma, begitu juga jalan menuju Bali! Tidak terhitung banyaknya jalan menuju kesana. Mulai dari yang ekonomis sampai yang mahal!

Sebenarnya banyak banget cara menuju pulau yang menjadi ikon pariwisata Indonesia ini. Mulai dari yang paling gampang yaitu naik pesawat dari bandara Jakarta menuju Denpasar. Hingga cara yang paling ekonomis yaitu perjalanan darat dengan bus sebagai moda transportasinya.

Pertama, dengan naik pesawat paling praktis, kadang bisa lebih murah dari perjalanan darat. Hanya saja kalau mau tiket pesawat murah, ya harus nunggu tiket promo. Kedua, dengan perjalanan darat secara langsung dengan bus untuk menuju Pulau Bali. Eh tapi, tiket bus juga sering ada promolho. Jadi tambah murah deh!

Perlu diketahui ada dua pintu masuk ke Pulau Bali jika dengan perjalanan darat. Pintu pertama ada di bagian barat pulau, yaitu Pelabuhan Gilimanuk dengan penyeberangan dari Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan pintu masuk kedua ada di bagian timur, yaitu pelabuhan Padang Bai, yang juga sebagai pintu keluar masuk menuju pelabuhan Lembar, Lombok.

Meskipun traveling ke Bali dengan bus itu bisa sangat melelahkan, namun liburan Anda akan jadi lebih seru dengan cara ini, lho. Mencoba cara pertama atau kedua ada kelebihan dan kekurangan-nya masing – masing. Memakai cara pertama akan lebih cepat dan praktis, namun cara kedua akan lebih terasa adventure-nya. Cocok banget buat yang doyan sama petualangan, drama dan kejadian tidak terduga selama traveling. Yang pasti, tentukan dulu tipe traveling ke Bali yang disuka. Mau yang full liburan atau liburan plus bumbu adventure.

Bus malam juga bisa loh menjadi pilihan utama. Hampir dari seluruh kota besar Pulau Jawa ada bus yang langsung menuju Bali. Atau Anda dapat menuju kota Surabaya terlebih dahulu dan sesampainya disana dapat menggunakan bus lainnya untuk langsung menuju kesana.

Nah, bagaimana apakah Anda tertarik ke Bali dengan menggunakan bus? Jikalau ya, silahkan pesan tiket bus online Anda untuk menuju ke Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here