“Kuliner time, Horas! kali ini kita mau membahas tentang makanan khas dari Kota Medan nih Sob

Jika kalian ke Medan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas kota Medan yaitu Bika Ambon. “Kenapa ya namanya Bika Ambon, padahal makanan khas dari kota medan?”

Sejarah Singkat Mengenai Bika Ambon :

Nama Bika sendiri menurut sumber terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka yang kemudian dimodifikasi dengan menambahkan pengembang dari bahan Nira atau tuak Enau agar dan menjadi berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu tersebut. Bika Ambon nampaknya mulai beradaptasi mengikuti laju zamannya. Kini, Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning, namun berbagai varian warna sudah dapat ditemukan sesuai rasanya. Kini Bika dibuat dalam rasa pandan, namun ada juga yang mengembangkannya dalam varian rasa lain, seperti, durian, keju, cokelat.

Kawasan yang banyak penjual Bika Ambon adalah Kawasan Jalan Majapahit. Kawasan Jalan Majapahit sangat ramai menjual Bika Ambon sejak 1980-an dan menjadi pusat penjualan Bika Ambon di Medan. Nama Bika Ambon memang unik. Meski ada kata Ambon pada namanya, namun bukan berarti kue Bika Ambon berasal dari ibukota Provinsi Maluku tersebut. Kehadiran Bika Ambon yang berbeda nama dan lokasi asal menuai banyak kontroversi. Bika Ambon yang memang sangat nikmat ini kemudian menjadi sangat populer di Medan dan menjadi fenomenal hingga banyak cerita tentang asal muasal Bika Ambon.

“Gimana Sob? Lezat dan nikmat bukan, makanan khas kota medan ini. Jika kalian ke kota Medan jangan lupa mampir dan beli Bika Ambon di kawasan Jalan Majapahit ya Sob”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here