Kuliner Ramadhan ini menjadi salah satu khazanah kekayaan kuliner nusantara. Banyak tradisi yang menyertai kekhasan kuliner ini terutama dari sisi budaya lokal Indonesia. Kuliner tradisi ini dimiliki oleh hampir seluruh nusantara dari sabang sampai merauke. Keistimewaan setiap daerah akan kuliner dan pengaruh rempah yang berlimpah menambah keragaman kulinernya.
Diantara beberapa kuliner tradisi nusantara pada saat ramadhan yang paling terkenal di Indonesia yaitu Kolak. Kali ini BUSTIKET akan membahas kolak merupakan makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dan dicampur oleh air gula jawa dan santan. Kuliner khas ini biasanya indentik dengan bulan ramadhan ini. Yang unik, konon kuliner satu ini tidak diasosiasikan dengan khas daerah tertentu di Indonesia walaupun Kolak yang paling dikenal adalah Kolak dari Bandung. Namun jaman dulu dikenal ketika masa penyebaran agama Islam.
Terlepas dari sejarah tersebut makanan yang biasanya jadi makanan pembuka ini menjadi sangat populer di bulan puasa.Kolak yang dikenal adalah kolak pisang. Hampir disetiap daerah kolak selalu menyertakan pisang selain ubi jalar, kolang kaling, labu kuning dll sebagai bahan utamanya.
Selain kolak yang menjadi kuliner tradisi ada kuliner lainnya yang terkenal di Indonesia yaitu Kurma. BUSTIKET juga akan membahas kuliner yang satu ini. Kuliner memang bukan khas Indonesia tapi erat kaitannya dengan penganan buka bagi masyarakat kita. Kuliner sarat dengan gizi ini sudah menjadi penangan yang mendunia. Konon tanaman kurma ini berasal dari bantaran sungai Nil. Manfaat dari kurma ini antara lain menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengurangi reaksi alergi, membekukan darah, mengatasi anemia, mencegah stroke dan jantung koroner karena mengandung kalium, melancarkan buang air, menjaga kesehatan mata dll. Selain sarat gizi juga mempunyai anti oksidan tinggi dan mempunyai kadar gula alami yang baik dan menyehatkan.
Nah itu lah sobat, tentang kuliner ramadhan yang menjadi tradisi di Indonesia. Nikmati Bulan Ramadhan kamu dengan baik dan benar ya, karena di bulan ramadhan ini kita bisa mengambil berkahnya di tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here