Rumah Tjong A Fie | Credit: Google

Nama Tjong A Fie tak terpisahkan dari sejarah Kota Medan, Sumatera Utara. Tjong A Fie (1860-1921) adalah seorang pengusaha kaya asal Tiongkok yang pernah sukses membangun bisnis perkebunan di Sumatera. Kerajaan bisnisnya meliputi perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan perusahaan kereta api yang mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan. Tjong A Fie juga dikenal sebagai dermawan dan berjasa dalam membangun kota Medan.

Uniknya arsitektur di Rumah Tjong A Fie | Credit: Google

Salah satu warisan Tjong A Fie yang dapat Sobat kunjungi adalah rumah tua yang masih berdiri kokoh yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kompleks Kota Tua Kesawan. Museum Tjong A Fie ( Tjong A Fie Mansion) memiliki luas 6.000 m2 dan mempunyai 2 lantai dengan 40 ruangan bergaya arsitektur campuran yang unik seperti China-Tiongkok, Arab melayu Deli serta Eropa. Bangunan tersebut terbagi menjadi 3 bagian yaitu; ruang inti di tengah, sayap kiri, dan sayap kanan. Ruang sayap kanan masih digunakan keluarga Tjong A Fie, yang dibuka untuk umum hanya bangunan utama dan sayap kiri rumah, serta ruang utama di lantai 1 dan 2 digunakan untuk persembahyangan.

Di Museum Tjong A Fie Sobat BUSTIKET dapat belajar sejarah tentang kehidupan Tjong A Fie yang darmawan dan telah membawa banyak perubahan sehingga kota Medan menjadi berkembang seperti saat ini. Didalam bangunan tersebut tertata rapih foto-foto yang menjadi saksi bisu perjalanan hidup Tjong A Fie, serta ada juga perabotan-perabotan antik milik keluarga Tjong A Fie yang masih tersimpan rapi.

Selain belajar, Sobat juga dapat sekedar menghabiskan waktu bersantai di Cafe bernuansa Tionghoa di tempat ini. Bagaimana tertarik untuk berkunjung kesini? Yuk ke Medan, pesan tiket busnya di WWW.BUSTIKET.COM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here