Tidak terasa kalau mudik lebaran sebentar lagi. Beberapa orang bahkan sudah memesan tiket perjalanan dari jauh hari agar tidak kehabisan, baik itu tiket kereta api, pesawat, kapal laut, bus, dan jenis kendaraan lain yang biasa digunakan untuk berpergian jarak jauh. Namun di era yang serba maju ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang mengandalkan
bus sebagai transportasi darat untuk mudik. Mengapa bus sangat digemari? Berikut adalah beberapa keunggulan mudik naik bus dibanding dengan kendaraan lain.

Fasilitas Lengkap

Fasilitas bus sangat tergantung dari kelas bus atau harga tiketnya. Misalnya saja, jika Anda naik bus kelas ekonomi, maka fasilitas yang didapatkan adalah fasilitas standar yang memang sesuai dengan harga tiket. Namun fasilitas bus kelas ekonomi rasanya sudah cukup jika Anda ingin berpergian dengan jarak dekat. Lain halnya jika Anda ingin berpergian dengan jarak yang jauh. Anda memerlukan fasilitas yang lebih menunjang segala kebutuhan perjalanan Anda.

Jika Anda ingin berpergian jarak jauh, biasanya Anda akan lebih memilih bus kelas eksekutif. Bus eksekutif tergolong memiliki fasilitas yang nyaman karena sudah dilengkapi dengan tempat duduk yang lega, toilet, terminal listrik, bahkan beberapa ada yang menyediakan LED TV sebagai hiburan. Namun dengan fasilitas yang selengkap itu memang penumpang harus merogoh kocek yang lebih banyak dibanding menaiki bus kelas ekonomi.

Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan jenis kendaraan lain, harga tiket bus terbilang lebih terjangkau. Apalagi penumpang bisa memilih jenis kelas bus sesuai dengan budget yang dimiliki penumpang. Jika Anda memiliki rezeki lebih dan ingin menjajal fasilitas yang lengkap, Anda bisa menggunakan bus kelas eksekutif. Namun apabila Anda sedang mengirit  budget, Anda bisa pilih bus kelas ekonomi. Harga tiket bus

Mengurangi Masalah Sosial

Maraknya fenomena mobil barang sudah beralih fungsi menjadi angkutan manusia saat mudik. Selain itu, mobil barang juga bisa membawa sepeda motor. Tidak hanya untuk mudik, akan tetapi digunakan untuk menuju objek wisata saat setelah Lebaran usai. Sementara dalam Pasal 7 disebutkan bahwa kepentingan yang memerlukan mobil barang secara segera digunakan dalam rangka mengatasi masalah keamanan, sosial dan darurat.

Solusi terbaik untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan fenomena angkutan barang mengangkut orang adalah dengan membenahi seluruh sarana dan prasaran angkutan umum. “Menyediakan fasilitas transportasi umum yang murah dapat mengurangi pemakaian mobil barang untuk mudik,” tutupnya. Nah sobat! Dengan begitu lebih baik kita naik kendaraan umum yang salah satunya yaitu bus untuk mengurangi masalah sosial yang selalu terjadi saat perjalanan mudik.

Lebih Fleksibel

Mudik lebaran dengan bus ialah pilihan yang fleksibel dalam beberapa aspek, misalnya saja dalam aspek tempat dan waktu. Dari aspek tempat, bus lebih mudah ditemui di mana saja. Tidak hanya busnya yang mudah ditemui, agen penjualan tiket bus juga saat ini mudah ditemui. Bahkan sudah ada platform penjualan tiket online seperti BUSTIKET.COM. Di BUSTIKET.COM, penumpang tidak hanya bisa membeli tiket untuk mudik, namun juga untuk pariwisata dan keperluan korporasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here