You are here
Home > Berita > Naik Transjakarta Gratis, Yuk!

Naik Transjakarta Gratis, Yuk!

Hallo Sobat BUSTIKET!

 

Dikit lagi weekend nih, Sobat! Gimana? udah tau belum mau kemana?

Nah, ngomong-ngomong soal weekend, biasanya kalian kalo ngabisin weekend kalian, pakai transportasi apa sih? pasti sebagian dari kalian menggunakan transportasi darat, iyakan?

Nah, artikel kita kali ini mau ngebahas tentang transportasi darat di Jakarta,yang gratis, sekali lagi deh diulangin, GRATIS!

Penasaran? Yuk simak!

 

Siapa sih Sobat BUSTIKET yang gatau kendaraan diatas? Yup, Itu adalah Transjakarta. Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di JakartaIndonesia. Sistem ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di BogotaKolombia. Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibu kota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km), serta memiliki 242 stasiun BRT (sebelumnya disebut halte) yang tersebar dalam 13 koridor (jalur), yang awalnya beroperasi dari 05.00 – 22.00 WIB, dan kini beroperasi 24 jam di sebagian koridornya.

Belum lama ini, Transjakarta memberikan layanan Gratis kepada warga Ibukota. Tetapi, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengguna Transjakarta sebelumnya.

Konfirmasi dari twitter resmi Transjakarta, persyaratan untuk mendapatkan layanan  Transjakarta gratis antara lain, Kalian harus memiliki Kartu Transjakarta atau TJ Card serta melakukan tap-in dan tap-out ketika masuk dan keluar halte Transjakarta.

Penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau resi KTP keluaran 2016/2017 yang semula dapat dipakai sebagai tiket Transjakarta terhitung sejak Selasa (16/1/2018) tidak berlaku.

Nah, oleh karena itu masyarakat diimbau untuk melakukan pendaftaran diri dengan cara datang langsung dan menyerahkan fotokopi KTP dan dua lembar pas foto ukuran 2 x 4 cm ke Kantor Pusat PT Transjakarta yang terletak di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 1 Cawang, Jakarta Timur setiap hari Senin hingga Kamis jam kerja.

“Bagi para pelanggan yg belum memiliki TJ Card (termasuk yg masih memegang resi pendaftaran), silakan datang langsung ke kantor pusat Transjakarta pada hari Senin – Kamis, pukul 09.00-14.00 WIB dengan membawa persyaratan lengkap yang ada pada gambar,” Ujar salah satu cuitan mereka di akun sosial media.

Karena TJ Card terdaftar sesuai dengan identitas KTP, kartu hanya dapat digunakan pribadi dan tidak boleh dipindahtangankan.

Pihak Transjakarta sendiri memberikan sanksi tegas kepada setiap pengguna yang kedapatan menyalahgunakan kartu dengan cara menyita serta memasukan identitas pengguna dalam daftar hitam, sehingga tidak dapat mengajukan kartu TJ Card kembali.

Sementara, bagi pengguna Transjakarta yang masih menggunakan resi lama, kartu rusak, salah cetak ataupun hilang dapat mengurus pembuatan TJ Card baru dengan cara melampirkan fotokopi KTP dan dua lembar pas foto ukuran 2 x 4 cm serta surat keterangan hilang dari pihak Kepolisian-khusus pengajuan kartu baru karena hilang, ke Kantor Pusat PT Transjakarta.

Ketentuan yang berlaku sejak penghapusan sistem 3-in-1 pada pertengahan tahun 2017 lalu, Bus Tanah Abang Explorer serta ditujukan kepada pekerja berpenghasilan rendah itu berlaku hingga akhir bulan Januari 2018 mendatang.

Maka dari itu sobat, untuk seluruh pengguna Transjakarta dapat melakukan pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan.

 

Sekian Sobat artikel kita kali ini, jangan lupa untuk memesan tiket lewat BUSTIKET.COM yaa!

Kenapa?

Karena BUSTIKET Gak Antri, Gak Ribet~

 

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top