You are here
Home > Berita > PERAYAAN NYEPI TIDAK HANYA DI BALI SAJA LOH!

PERAYAAN NYEPI TIDAK HANYA DI BALI SAJA LOH!

Halo Sobat BUSTIKET!! Mau liburan? Kita punya beberapa tempat wisata yang harus kalian masukkan di bucket list liburan kalian di penghujung bulan Maret ini, apa aja ya?? Yuk disimak hehe..

Maret, bulan ini bertepatan dengan perayaan tahun baru bagi umat beragama Hindu dimanapun berada perayaan ini disebut dengan Hari Raya Nyepi. Apasih Hari Raya Nyepi? For your information (fyi) Hari Raya Nyepi adalah hari di mana masyarakat Hindu menghabiskan 24 jam untuk merenungkan apa yang telah terjadi selama setahun terakhir, sekaligus menyiapkan ancang-ancang demi menjadi manusia yang lebih baik lagi di tahun yang baru. Hari Nyepi dihabiskan untuk beribadah, dan menahan diri dari menggunakan teknologi.  Sangat bertolak belakang dengan tahun baru Masehi yang biasa dirayakan dengan gaduh. Nah, untuk di Indonesia sendiri perayaan ini identik dengan provinsi Bali karena mayoritas masyarakat disana menganut agama Hindu. Tapi, ternyata eh ternyata usut punya usut rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi juga ramai dirayakan di beberapa kota besar  di Indonesia, seperti di kota Malang, Yogyakarta, dan Makasar. Apa saja bentuk perayaannya, ini dia!!

  1. Mengintip Upacara Perayaan Hari Raya Nyepi di Pantai Balekambang, Malang

Pantai Balekambang memiliki 3 pulau yang sangat memukau, pulau-pulau tersebut diantaranya Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Anoman. Masyarakat sekitar Pantai Balekambang, Kabupaten Malang  merayakan Hari Raya Nyepi di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo. Pantai Balekambang sendiri disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang. Mengapa demikian? Ya, karena kehadiran Pura Amarta Jati disalah satu sisi pantainya yang menyerupai pantai Tanah Lot di Bali, untuk menuju Pura masyarakat yang ingin beribadah maupun wisatawan bisa berjalan kaki melewati jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai.

Secara fungsional, Pura Amarta Jati ini masih digunakan untuk para umat Hindu bersembahyang. Saat ini umat Hindu yang bersembahyang di Pura Pantai Balekambang tidak hanya berasal dari kota Malang saja tetapi adapula umat Hindu dari luar kota yang bersembahyang disana, karena Pantai Balekambang sendiri telah menjadi salah satu objek wisata favorit di kota Malang. Namun, bagi wisatawan yang bukan beragama Hindu tidak diperkenankan masuk ke dalam Pura. Tiga hari menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, masyarakat sekitar Pantai Balekambang melaksanakan upacara Jalani Dhipuja di Pura Amarta Jati. Upacara Jalani Dhipuja sama dengan upacara Melasti di Bali, inti dari upacara Jalani Dhipuja adalah penyucian-penyucian manusia dari alam semesta.

Sehari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi, umat agama Hindu yang hendak mengikuti upacara di Pantai Balekambang ini telah datang ke Pura Amarta Jati untuk mempersiapkan jolen atau sesajen. Jolen yang dibawa sendiri terdiri dari lima unsur: buah-buahan, daun, bunga, air, dan dupa. Upacaranya dimulai pagi-pagi, dengan mengarak air suci dari pura  kepada Pendeta Agung. Ada juga suguhan tarian untuk meminta doa kesejahteraan pada Tuhan, ditutup dengan larungan air suci dan seluruh sesajen ke laut. Sedangkan, bagi umat agama Hindu yang tidak tinggal disekitar pantai dapat merayakan Hari Raya Nyepi dengan mengunjungi danau terdekat dan melakukan upacara penyucian disana.

  1. Puncak Perayaan Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan, Yogyakarta

Jika di Bali, Tawur Agung Kesanga dapat dilakukan di setiap banjar karena mayoritas penduduknya merayakan. Namun, umat minoritas Hindu yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya bisa melakukan Tawur Agung  di  Candi Prambanan. Melihat perayaan Nyepi di Candi Prambanan ini cukup menarik. Biasanya  di lapangan akan didirikan tenda untuk para umat yang hendak berdoa untuk keseimbangan dan harmoni alam semesta. Karena memiliki lokasi yang luas di area candi dan dari segi historis Candi Prambanan, tempat ini selalu menjadi pusat perayaan Nyepi di Indonesia. Tak sedikit umat Hindu datang dari beberapa daerah di luar kota Yogyakarta untuk mengikuti prosesi upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan.

  1. Pantai Losari menjadi tempat upacara Melasti bagi umat beragam Hindu di Makassar

Sebelumnya upacara Melasti bagi umat Hindu di Makassar biasa dilakukan di Pantai Akkarena. Namun, kini pemerintah kota Makassar mengizinkan umat Hindu untuk menggunakan anjungan Pantai Losari untuk upacara  Melasti saat perayaan Hari Raya Nyepi. Prosesi upacara Melasti di Makassar sendiri tidak memiliki banyak perbedaan dari upacara Melasti di Bali. Dengan dibukanya Pantai Losari untuk Melasti, umat Hindu yang berada di Makassar tidak perlu jauh-jauh jika ingin melakukan upacara. Pasalnya, letak Pantai Losari memang  tidak jauh dari pusat kota. Ah, anggap saja ini bukti baik bahwa toleransi agama masih ada di Indonesia!

Demikian rekomendasi wisata dari kami untuk mengisi bucket list liburan kamu. Menarik bukan? Selain liburan Hari Raya Nyepi, kamu bisa memahami budaya dari agama lain dan belajar untuk bertoleransi antar sesama umat manusia. Tunggu apalagi? Yuk segera pesan tiket untuk berangkat dan cari akomodasi yang tepat untuk menginap. Abadikan setiap momen liburanmu lalu upload di Instagram dengan hastag (#BUSTIKET)! Selamat liburan Sobat!!!

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top