You are here
Home > bustiket > Tips-Tips Nyaman Saat Melakukan Perjalanan Yang Jauh.

Tips-Tips Nyaman Saat Melakukan Perjalanan Yang Jauh.

Hallo Sobat BUSTIKET!

Udah lama nih yaa kita gak bersua? hehe.

Kangen gak sama artikel-artikel kita?

Kebetulan, artikel kita kali ini mau ngebahas tentang tips-tips yang bikin kalian nyaman saat melakukan perjalanan yang jauh.

Tapi, sebelumnya kita punya kabar gembira untuk kalian lho, sobat!

Kalian tau gak tentang PO. Putra Remaja?

PO. Putra Remaja didirikan oleh Bapak Sutikno sejak tahun 1980, dan selama hampir 30 tahun terus berkembang hingga kini menjadi Perusahaan Otobis terbesar di Yogyakarta. Pada awal berdirinya, PO. Putra Remaja menawarkan layanan bus malam, menjalankan 4 unit bus dengan trayek pertama Jogja-Jakarta. Seiring dengan perkembangannya, saat ini PO. Putra Remaja juga memiliki layanan bus pariwisata dengan jumlah armada sekitar 150 unit dan melayani berbagai trayek di Pulau Jawa hingga Pulau Sumatra.

Sesuai dengan logo PO. Putra Remaja, yaitu gambar layar yang memiliki filosofi ”terus maju”, PO. Putra Remaja pun senantiasa mengembangkan diri serta memberikan pelayanan terbaik sehingga terbukti menjadi Perusahaan Otobus yang dipilih dan dipercaya selama bertahun-tahun oleh para penumpang.

Nah, untuk kabar gembira, Sekarang kalian para sobat BUSTIKET bisa loh pesan tiket Putra Remaja rute Yogyakarta-Sumatra di BUSTIKET.COM

by the way, karena rute ini memakan waktu yang panjang, simak artikel kita yang membahas tentang Tips Nyaman Saat Melakukan Perjalanan Panjang nih.

Simak, yuk!

 

 

1. Memakai Pakaian Yang Nyaman.

Sebelum memutuskan naik bus pastikan kamu sudah tahu berapa lama kira-kira kamu akan berada di dalam bus hingga tiba di tujuan. Ini penting untuk menyesuaikan pakaian, sebab selama itu pula kamu akan berada di dalam ruangan terbatas dengan gerak terbatas serta menikmati sirkulasi udara yang juga terbatas.

Sebaiknya selama berada di dalam bus jangan mengenakan kostum aneh-aneh. Sebab tidak ada perasaan yang paling menyiksa di dalam bus kecuali merasakan suhu terlalu dingin ataupun terlalu panas. Kaos berbahan katun yang bisa menyesuaikan berbagai kondisi suhu lingkungan kelihatannya paling tepat dikenakan selama perjalanan di bus, apalagi untuk perjalanan panjang.

 

 

2. Minimalisir Barang Bawaan.

Bagasi bus ukurannya lebih kecil dan itu digunakan untuk semua penumpang yang jumlahnya bisa puluhan. Memang ada bagasi pribadi yang letaknya di atas tempat duduk penumpang, tapi itupun ukurannya sangat kecil tidak mungkin dimasuki koper atau tas kecil. Jadi, traveler harus tahu konsekuensi jika dirinya naik bus berarti harus meminimalisir barang bawaan.

Pilihlah barang-barang yang sekiranya paling penting saja untuk di bawa. Jikapun tidak kebagian ruang di bagasi toh barang bawaanmu bisa ditaruh di bawah kaki tempat duduk. Bayangkan jika membawa tas besar atau bahkan koper, kalau di bagasi sudah tidak muat mau ditaruh di mana? Kalaupun bisa di taruh di bawah tempat duduk tetap saja mengurangi ruang gerakmu dan berujung pada ketidak nyamanan selama berjam-jam, mau seperti itu?

 

 

3. Siapkan Perlengkapan Tidur.

Salah satu kekurangan menggunakan bus dalam perjalanan jauh adalah memakan waktu yang lebih lama. Penumpang mau tidak mau harus punya stok sabar yang banyak untuk menikmati perjalanan dengan duduk dalam waktu yang lama. Tentu saja rasa pegal akan datang menghantui, tapi hal tersebut bisa diakali dengan cara berikut.

Perjalanan panjang apalagi sampai melewati waktu tidur di malam hari sudah tentu bakal sangat melelahkan. Banyangkan kalian duduk di tempat yang sama selama belasan hingga puluhan jam. Untuk itu kalau perjalanannya jauh bawa serta bantal leher untuk menyangga leher biar tidak pegal. Bawa pula penutup mata, syal, baju hangat biar tidurmu nyenyak.

 

 

4. Bawa Perlengkapan Kebersihan.

Seringkali armada bus tidak menyediakan fasilitas toilet yang memadai. Karena banyaknya yang menggunakan fasilitas tersebut dan jumlahnya terbatas pula, orang-orang yang naik bus sangat beresiko saling menularkan bakteri maupun virus. Inilah sumber penyakit yang jarang sekali mendapatkan perhatian dari traveler.

Untuk kasus satu ini setiap traveler yang pintar pasti akan selalu membawa pencuci tangan minimalis atau tisu basah di tas maupun kantong. Tujuannya sepele untuk membuat tangan tetap higienis namun manfaatnya sangat besar yaitu terhindar dari penularan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

 

 

5. Siapkan Camilan, dan Minuman.

Dua hal yang kerap dialami oleh penumpang bus yaitu kelaparan dan dehidrasi. Kondisi tubuh yang wajar untuk merespon kegiatan menjemukan dalam waktu yang lama di ruangan terbatas. Sebelum berangkat belilah camilan yang berguna untuk menunda lapar seperti cokelat dan biskuit.

Selain itu bawa pula minuman, sebab orang yang naik kendaraan dalam waktu yang lama sangat beresiko terkenal dehidrasi atau kekurangan cairan. Kalau perlu point yang satu ini kamu catat biar tidak lupa, sebab meski bis jarak jauh biasanya punya waktu istirahat dan makan di restoran tapi hal tersebut hanya dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Selebihnya penumpang duduk manis di bangku masing-masing.

 

 

6. Trik untuk Mengusir Bosan.

Ini nih yang paling tidak bisa dihindari, rasa bosan. Sudah pasti lama kelamaan orang akan bosan jika naik bus dalam kurun waktu yang sangat lama apalagi hingga berhari-hari menumpang bus antar provinsi. Cuma orang itu sendiri yang bisa mengusir rasa bosan tersebut.

Saat naik bus jangan meninggalkan benda yang paling disukai dan memiliki manfaat untuk mengusir kebosanan. Untuk anak muda sekarang tentu gadget adalah obat paling mujarab mengusir bosan. Pastikan gadgetmu terisi baterai full kalau perlu bawa powerbank. Untuk traveler lain sesuaikan dengan hobi, jika suka dengar musik tinggal putar musik dengan headsetatau suka membaca? Bawa deh beberapa buku bacaan kesukaan. Tapi untuk yang terakhir tadi jangan terlalu banyak membaca di dalam bus, pengalaman banyak traveler membaca di dalam bus dalam waktu yang lama bisa bikin pusing kepala.

 

 

7.  Menikmati Perjalanan.

Tips ini paling mujarab membunuh kebosanan, rasa letih, lelah, jenuh dan masih banyak lagi efek negatif naik bus. Caranya adalah dengan menikmati perjalanan. Memang tidak semua orang bisa dengan mudah menikmati perjalanan di dalam bus. Tapi coba perhatikan lewat jendela, banyak sekali pemandangan yang terlintas selama perjalanan.

Menikmati perjalanan bukan hanya melihat-lihat pemandangan dari luar jendela saja. Kalau kamu punya kemampuan komunikasi yang bagus dan kehidupan sosial yang mumpuni kamu bisa menyapa orang di sebelahmu atau penumpang lain untuk diajak ngobrol. Saling tukar pengalaman dan menceritakan banyak hal bisa membuatmu lupa perasaan tidak nyaman di dalam bus.

 

 

8. Waspada dan Berhati-Hatilah.

Tips terakhir dan yang paling penting saat naik bus adalah selalu waspada baik dengan lingkungan maupun barang bawaan. Tidak seperti naik pesawat yang keamanannya lebih bagus dan memiliki standar tersendiri, bus lebih rawan kalau masalah keamanan.

Seperti kata bang napi, bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya namun juga karena ada kesempatan. Sekali lengah, kejahatan bisa menimpa kamu. So, meski dipaksa untuk rilek, nyaman dan menikmati perjalanan tetap saja radar kewaspadaanmu harus selalu standby. 

 

 

Nah itu dia Sobat sederet Tips dan Trik saat kalian ingin melakukan perjalanan yang jauh.

Gimana? Nanti bakal dipraktekin gak Tips&Trik, nya?

Ohiya, Jangan lupa pesan tiket di BUSTIKET.COM yaaa!
Karena BUSTIKET Gak Antri, Gak Ribet~

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top