You are here
Home > Berita > 5 Top Makanan Yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Magelang.

5 Top Makanan Yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Magelang.

Hallo Sobat BUSTIKET!

Masih awal bulan nih, gimana keadaan kalian?

Baik-baik aja kan ya? Semoga iya ya!

Btw, Sobat!

Artikel kita hari ini mau ngebahas tentang 5 Top Makanan Yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Magelang.

Penasaran, gak? Yuk Simak!

 

1. Mangut Iwak Beong.

Makanan khas Magelang Jawa Tengah berbahan dasar iwak beong atau ikan beong, sejenis lele atau patin. Ikan beong termasuk jenis ikan yang susah dikembangbiakkan, sehingga selama ini mengandalkan tangkapan dari sungai sungai yang ada di Magelang. Mangut iwak beong biasanya disajikan dengan kuah pedas yang menggugah selera.

Ukuran dari Beong bermacam-macam. Ada yang seukuran kepalan tangan hingga piring besar. Pun demikian, rasanya meresap hingga daging paling dalam. Sementara, resepnya spesial dengan bumbu lengkap mulai dari lengkuas, daun serai, jahe hingga bawang merah. Kebayang bagaimana kelembutan serta gurihnya menu satu ini kan?

Kuliner enak ini menjadi buruan para pecinta pedas. Bukan hanya kuah, daging Beong juga pedasnya nampol. Apalagi diguyur irisan cabai rawit di atas. Tak suka pedas, kamu bisa langsung memesan tanpa cabai. Sajian mangut tersebut paling mantap jika ditambahkan dengan terancam segar.

 

 

2. Sop Senerek.

Makanan khas Kota Magelang berikut ini merupakan sajian kuliner berupa sup kuah bening yang berisi sayur, wortel, irisan daging, dan juga kacang senerek serta tambahan nasi putih. Salah satu warung yang menyediakan menu andalan sop senerek adalah warung bu Atmo yang terletak di sekitaran simpang empat Jalan Mangkubumi dan Jalan Diponegoro arah ke Bandungan, Magelang.

Nah, makanan yang sangat cocok disantap saat dingin di Magelang selain bakso atau soto adalah sop senerek. Sop berbahan daging sapi, atau bisa juga daging ayam, babat ini dicampuri potongan wortel, kentang, bayam, dan potongan cabai. Yang khas dari sop senerek ini adalah kacang merah paling dominan dan menyumbul memenuhi mangkuk. Kehangatan air kaldu beruap suam-suam kuku mengepul dari mangkuk sesaat setelah dituang dari panci. Berbahan bumbu rempah-rempah pilihan, menjadikan makanan ini sebagai makanan legendaris terkenal di kota yang banyak dikunjungi karena Candi Borobudurnya.

 

 

3. Sego Godog.

Kuliner tradisional ini bisa kamu jumpai di kota Magelang. Biasanya, nasi godog dijual oleh kedai yang turut menjual masakan mie Jawa.

Soal citarasa, nggak perlu diragukan lagi. Buat yang baru pertama kali mencoba, nasi godog punya cara memikat hati, melalui kuah pedas manis yang sangat menggugah selera.

Aroma rempah-rempah yang kuat bercampur hangat dengan suwiran ayam kampung yang nikmat. Belum cukup? Kamu juga bakal mendapatkan mie rebus di dalam piring.

Tempat makan khas Magelang yang menjual sego godhog salah satunya adalah warung makan Pak Yatno yang berada di seberang Karoseri New Armada, Magelang berdekatan dengan Armada Town Square. Sego godhog pada dasarnya sama dengan mie godhog hanya saja ditambah dengan nasi yang disiram kuah kental.

 

 

4. Sego Megono.

Sego megono adalah makanan khas Magelang berupa nasi yang disantap bersama megono atau kluban. Megono sendiri di tanah Magelang merupakan sayuran yang dikukus dan dibumbui dengan lombok, kencur, dan jeruk purut.

Megono yang sudah direbus, dilengkapi dengan taburan ikan teri goreng atau bakar. Sayuran yang dipakai untuk membuat sego megono juga beragam. Dari sekian banyak macam sayur, makanan khas Magelang ini memilih beberapa jenis sayur seperti daun ketela, daun pepaya, kecambah, daun kacang panjang, bayam, nangka muda, dan bahkan rebung.

5. Es Murni.

Nah, sekarang kita mau kearah dessert nih sobat! Tau gak, es murni? Es Murni itu merupakan salah satu resto es yang digemari di kota Magelang, tidak hanya karena resto ini sudah ada sejak tahun 1962 tetapi juga karena kelezatan dan khas rasanya yang tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang.

Disini juga terdapat aneka jajanan dan kue khas kota Magelang yang tertata rapi di meja etalase kaca, membuat yang melihatya pasti tertarik untuk mencoba. Disamping meja etalase kaca terdapat gerobak es yang memasang foto aneka es yang menjadi jagoan disini, tinggal pilih saja mana yang terlihat menarik di mata.

 

Nah itu dia sederet makanan yang wajib kamu coba kalo kamu lagi liburan ke magelang.

Ngomong-ngomong soal magelang nih ya, tau gak sih kalau PO.Bus Santoso itu asalnya dari Magelang?

Yuk, simak ulasan tentang PO Santoso!

Perusahaan Otobus (PO) Santoso telah melalui sejarah panjang di bisnis layanan transportasi darat. Menurut busnesia.com, sejarah PO Santoso ini berawal dari pasangan suami-istri dr. Anwar Sani yang berprofesikan sebagai dokter. Namun dr. Anwar Sani banting setir ke bisnis layanan transportasi.

PO Santoso ini masih kerabat dari PO Sumber Alam. Dimana keduanya merupakan keluarga dari pemilik dan pendiri PO Tresna yang akhirnya menjadi PO Hidup Baru. Namun bedanya, dr. Anwar Sani memilih untuk memulai bisnis transportasi di Magelang.

Di awal pendiriannya, PO asal Magelang ini memulai dengan trayek bumel Jogja-Magelang-Semarang PP dan Gombong-Purworejo-Magelang-Semarang PP. Berbekal Mitsubishi Fuso T653 dan Mercedes Benz LP 911, PO Santoso percaya diri melayani penumpang di awal tahun 70-an.

Dan pada awal tahun 80-an, PO satu ini mulai berkembang dan memperbanyak armada bus miliknya. Dimana PO Santoso mulai menfokuskan diri pada chassis Mercedes Benz OF 1113 sebagai andalan mereka. Dengan bekal tersebut, mulailah dibuka jalur Wonosari-Klaten-Jogja-Jakarta-Merak PP.

Di awal 90-an, PO ini pun mulai mengembangkan garasi dikantor pusatnya yang berada di Jl. Sukarno-Hatta, Magelang. Selain itu, PO Santoso juga mulai melebarkan bisnisnya selain Bus Malam AKAP dan AKDP. Dimana mulai merambah layanan bus pariwisata dan ekspedisi jasa pengiriman barang.

Tidak berhenti disitu, PO berbasis di Magelang ini juga mengembangkan jurusannya ke beberapa kota lain seperti Bogor, Bandung, Tangerang, Bekasi dan Surabaya. Bahkan PO Santoso pun mampu merambah hingga beberapa kota di Pulau Sumatera.

Nah, itu dia sedikit info dari PO.BUS Santosa.

Ohiya, Kalian jangan lupa beli tiket di BUSTIKET.COM yaa!

Kenapa? Karena Bustiket gak ribet, gak antri~

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top