You are here
Home > Travel > Asal Usul “Om Telolet Om”

Asal Usul “Om Telolet Om”

Apa itu Telolet?

“Telolet” adalah frase yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menggambarkan suara klakson dari bus AKAP dan truk. Sayangnya, kata “telolet” belum tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Apa Itu “Om Telolet Om“?

Om telolet om” adalah kalimat yang digunakan untuk meminta pengendara bus AKAP atau truk agar membunyikan klakson mereka. “Om” sering diucapkan sebagai kata ganti paman, Ayah dari teman, atau Ayah dari pacar. Jadi, batasan “Om” yang paling jelas adalah laki-laki yang sudah cukup berumur. 

Apabila disatukan, maka kalimat “Om Telolet Om!” berarti  “Om bunyiin klaksonnya, dong!” 

Asal Usul “Om Telolet Om

Penggunaan istilah atau frase “Om telolet Om” sudah ada sejak lama. Demam “Om Telolet Om” hadir saat ditemukannya klakson bus AKAP dan truk yang berbunyi “Teeeelooooleeeet”. Klakson telolet dibuat pertama kali oleh sebuah perusahaan otobus luar negeri sejak satu dekade silam.

Awalnya, klakson tersebut berbunyi seperti sirene biasa. Namun, banyak pemilik bus yang memodifikasi klaksonnya agar dapat menghibur penumpang dan supir saat diperjalanan jauh. Bunyi telolet juga digunakan untuk menyambut para penggemar bus angkutan yang sering memotret di pinggir jalan.

Menurut Benny, supir senior di jalur Jepara-Kudus,  fenomena telolet ini justru membawa keseruan sendiri ketika berkendera.

“Dulu, sih, mereka tidak perlu bilang teriak telolet, biasanya saya yang duluan kasi telolet, seru saja kalau mereka bersorak dengarnya, jadi kita bawa mobil juga semangat”.

Benny menambahkan, “Itu kalau sudah malam, bus saya lewati tempat ngumpul-ngumpul anak muda, mereka biasa teriak, om telolet om, jadi saya dim lagi, saya kira mereka lagi cari kesenangan saja, makanya minta tolong di bunyikan dimnya”.

Nah, Sob, itu dia sejarah singkat munculnya istilah atau frase “Om Telolet Om“. Menarik, kan? Terus ikuti entri-entri terbaru blog.bustiket.com untuk informasi hangat dan menarik lainnya!

(Sumber: learniseasy.com)

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top