You are here
Home > Travel > Fakta Unik Candi Prambanan Yang Perlu Diketahui

Fakta Unik Candi Prambanan Yang Perlu Diketahui

Candi Prambanan adalah candi hindu terbesar di Indonesia memiliki arsitektur bangunan yang menakjubkan.  Ada yang berencana liburan ke Yogjakarta akhir pekan ini? Jangan lupa mampir ke Candi prambanan ya. Namun, sebelum kamu datang ke sana, ketahui dulu fakta-fakta tentang Candi Prambanan berikut :

1. Nama asli Candi Prambanan adalah Siwagrha

Nama Siwaghra diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti Rumah Siwa. Pemberian nama Rumah Siwa karena Dewa Siwa begitu istimewa pada masa pemerintahan Rakai Pikatan. Sebagai wujud penghormatannya, Rakai Pikatan mendirikan arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter yang terletak di ruang utama Prambanan.

2. Candi Prambanan dirancang menyerupai Gunung Semeru

Menurut kosmologi hindu kuno, Prambanan didesain menyerupai puncak mahameru. Hal tersebut dikarenakan masyarakat zaman dahulu percaya bahwa mahameru adalah rumahnya para dewa. Dengan kata lain, Prambanan merupakan perlambangan rumah para dewa.

3. Candi Siwa menjadi bangunan pemujaan Dewa Siwa terbesar di Indonesia

Faktanya, Candi Siwa menjadi bangunan pemujaan Dewa Siwa terbesar di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, puncak candi Siwa berdiri setinggi 47 meter.

 4. Relief Candi Prambanan bercerita tentang Ramayana

Alur kisah Ramayana dimulai dari pradakshina (sisi timur) di kompleks Candi Siwa. Untuk menikmati kisahnya, kamu harus berjalan memutar searah jarum jam. Lalu, kamu bisa melanjutkan kisah Ramayana dengan mengunjungi sisi selatan Candi Brahma.

5. Bila diamati lebih cermat, puncak Candi Prambanan berbentuk mahkota

Coba amati lingkaran merah pada foto di atas. Puncak Prambanan terlihat seperti bentuk mahkota. Nah, puncak tersebut diberi nama puncak mastaka yang melambangkan halilintar.

6. Mitos, jika kamu akan gagal menikah jika berkunjung ke Candi Roro Jonggrang bersama pasangan

Jika kamu memupuk hubungan percintaanmu dengan sangat baik, saya yakin 100% hubunganmu akan berlanjut pada jenjang pernikahan. Kecuali kamu datang bertiga selingkuhan. Sudah pasti kamu gagal menikah dengan dia.

7. Benarkah Candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso dalam satu malam?

Kisah yang menyebutkan bahwa Prambanan dibangun oleh Bandung  Bondowoso bersama bala jin selama satu malam tidaklah benar. Karena Rakai Pikatanlah yang membangun Prambanan.

Dalam prasasti Wantil atau prasasti Siwagrha tertulis bahwa Rakai Pikatan mendirikan sebuah bangunan suci Siwaghra atau candi Siwa. Berdasarkan ciri-ciri yang ditorehkan dalam prasasti, bangunan tersebut identik sekali dengan Candi Siwa di kompleks Prambanan.

***

Adakah fakta lain yang kamu tahu tentang Candi Prambanan? Jika ada, tuliskan komentar di bawah ya. Apabila kamu ingin pergi kesana, segera pesan tiket bus di BUSTIKET.

[Source: Phinemo]

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top