You are here
Home > Travel > Fakta Unik Tentang Tradisi Mudik Lebaran

Fakta Unik Tentang Tradisi Mudik Lebaran

Mudik adalah salah satu tradisi tahunan yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman menemui sanak keluarga ataupun kerabat setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Selain untuk menyambung silahturahmi antar sesama, mudik juga sudah menjadi tradisi wajib bagi masyarakat untuk merayakan lebaran.

Berbicara soal tradisi mudik, ternyata ada beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui. Ingin tahu apa saja keunikan fakta mudik yang terjadi selama hari raya Idul Fitri? Yuk simak ulasan dibawah ini :

  1. Kata ‘Mudik’ berasal dari bahasa jawa; Tahukah Sobat kata ‘Mudik’ berasal dari asal kata Mudik Dilik yaitu bahasa Jawa yang artinya Pulang Sebentar. Mudik di hari raya Idul Fitri inilah moment yang pas untuk masyarakat perantauan pulang ke kampung halaman.
  2. Sampah yang ada di Jakarta berkurang, dan polusi yang ada di daerah pun meningkat; Karena masyarakat yang tadinya merantau ke kota Jakarta pulang kampung ke daerahnya masing-masing volume sampah di Jakarta pun menurun sekitar 25% dan polusi didaerah meningkat sekitar 15% karena banyaknya masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan.
  3. Jakarta lenggang dari macet!; Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau penduduk Jakarta mayoritas adalah perantau. Jadi pada saat tradisi mudik tiba, Jakarta menjadi lebih lengang dari hari biasanya. Hampir separuh penduduk Jakarta meninggalkan Ibukota untuk kembali ke kampung halamannya.
  4. Tradisi mudik tidak hanya dimiliki Indonesia; Selama ini kita berpikir bahwa tradisi mudik hanya ada di Indonesia? Jangan salah, mudik pun sudah menjadi bagian dari budaya negara lain. kebiasaan untuk pulang kampung saat momen hari-hari besar keagamaan juga menjadi bagian dari budaya warga Malaysia saat lebaran dan imlek. Begitupun bagi mayoritas warga China dan India. Bahkan aktivitas mudik di India dan China bisa berlangsung sangat ekstream mengingat populasi di kedua negara tersebut sudah mencapai angka milyaran jiwa.
  5. Angka kematian kecelakaan meningkat drastis; Tingginya arus lalu lintas saat musim mudik berujung pada meningkatnya angka kecelakaan. Di berbagai pemberitaan media dapat disaksikan bagaimana padatnya arus lalu lintas ketika mudik lebaran dan banyak pula peristiwa kecelakaan kendaraan baik sepeda motor, mobil, truk, hingga transportasi umum yang terjadi.

Nah, sudah tahu mengenai fakta unik tradisi mudik kan. Semoga bermanfaat ya infonya! Eits, Bagi Sobat yang sedang mencari tiket untuk mudik mendatang, Sobat juga bisa menghemat pengeluaran dengan membeli tiket dari jauh – jauh hari. Beli tiket mudik di BUSTIKET banyak diskon dan promonya lho!

 

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Leave a Reply

Top