You are here
Home > Travel > Festival Di Indonesia Pada Bulan September Yang Wajib Di Kunjungi

Festival Di Indonesia Pada Bulan September Yang Wajib Di Kunjungi

Festival adalah sebuah acara yang diadakan oleh masyarakat berbasis agama, tradisi, atau kegemaran dan dilakukan pada waktu-waktu tertentu dan berulang dalam kurun waktu tertentu. Festival sendiri pada zaman dahulu selalu diidentikkan dengan peringatan tertentu, misalnya hari besar keagamaan atau hari kemerdekaan. Namun, seiring berkembangnya zaman, juga dilakukan oleh komunitas atau penggemar suatu bidang, festival musik contohnya.

Bulan September selalu dipilih oleh banyak pihak untuk melakukan festival yang meriah. Alasan pemilihan bulan September bisa jadi karena di bulan ini turis dari berbagai negara mulai banyak membanjiri Indonesia. Summer atau musim panas di Eropa membuat banyak wisatawan mancanegara datang untuk traveling dan memburu festival unik di Indonesia.

Kalau Sobat kebetulan ada libur atau jatah cuti di bulan September 2016, cobalah datang ke festival seni ini. Di sana, kamu akan menemukan banyak hal menarik hingga rasanya ingin mengabadikan semuanya dalam sebuah foto. Berikut adalah daftar festival di bulan September selengkapnya :

FESTIVAL RAMBU SOLO, TORAJA, SULAWESI SELATAN

rambu-solo-bustiket

Festival Rambu Solo merupakan ritual pemakaman jenazah. Biasanya dilangsungkan antara bulan Agustus hingga Oktober, namun yang paling sering adalah bulan September. Rambu Solo diadakan oleh Suku Toraja yang bermukim di daerah Sulawesi Selatan.

Rambu Solo adalah upacara penguburan yang dilakukan agar arwah jenazah tidak memberikan kemalangan pada orang-orang yang ditinggalkannya. Dalam satu upacara terdapat rangkaian kegiatan yang rumit ikatan adat serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, persiapan Rambu Solo biasanya dilakukan selama berbulan-bulan.

Sementara menunggu upacara siap dilaksanakan, jenazah diperlakukan seperti orang sakit. Jenazah masih dirawat dan diperlakukan seperti masih hidup. Bahkan, pihak keluarga wajib memberikan sesajian berupa makanan, minuman, rokok, sirih, hingga benda-benda kesukaan sang jenazah. Untuk menghindari pembusukan, jenazah biasanya dibalsam dan dibungkus kain kemudian disimpan di rumah leluhur atau biasa disebut sebagai “tongkonan”.

Salah satu rangkaian yang patut dinantikan adalah Ma’tinggoro Tedong atau pengorbanan kerbau. Jumlah kerbau yang dibutuhkan mulai dari 24 hingga 100 ekor. Untuk kalangan bangsawan bahkan harus ada minimal satu kerbau belang sebagai korban. Padahal, satu kerbau belang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Pengorbanan ini menarik karena sang algojo menggunakan sebilah parang untuk menebas leher kerbau dalam sekali ayunan. Ketika dalam satu rangkaian terjadi satu kesalahan saja, maka ritual harus diulang dan kerbau yang dikorbankan juga harus ditambah.

Selain itu, sebagai tamu kalian akan disuguhi dengan makanan-makanan khas Toraja, baik dari daging babi maupun daging kerbau hasil persembahan. Namun jangan khawatir, bagi muslim disediakan makanan sendiri yang tentunya halal.

 

MALANG FLOWER CARNIVAL, MALANG, JAWA TIMUR

malang-flower-carnival-bustiket

Malang mengadakan Malang Flower Carnival yang digelar pada tanggal 4 September 2016, dengan menghadirkan banyak sekali desain baju karnival menarik. Oh ya, dalam festival ini juga ada kompetisi kostum terbaik dengan hadiah ratusan juta rupiah.

September tahun ini, Malang juga akan mengadakan Pekan Budaya Indonesia 2016. Festival ini akan diadakan se-Malang raya mulai dari Kabupaten hingga Kota. Acaranya sendiri berlangsung dari tanggal 1-5 September 2016 dengan menampilkan pentas musik, pameran, workshop, bioskop keliling, hingga diskusi budaya yang menarik.

FESTIVAL SENGGIGI, LOMBOK

festival-senggigi-bustiket

Setiap tahun pada bulan September akan diadakan Festival Senggigi di Kabupaten Lombok Barat. Festival ini diadakan untuk mempromosikan wisata di kabupaten ini dengan atraksi berbagai macam ada dan budaya daerah setempat. Kalau kamu datang ke sana pada tanggal 16-19 September 2016, aneka pameran budaya yang unik bisa kamu saksikan di sekitaran Pantai Senggigi yang sangat indah.

Selain itu, ada Festival Gili Indah yang akan diadakan pada 24 September ini kamu bisa menyaksikan para seni dan juga pesta kuliner. Selain dua hal menarik itu, kamu juga bisa menyaksikan lomba perahu layar yang diadakan di pantai dekat tiga gili terkenal di Lombok.

Yogyakarta International Street Performance (JISP), Yogyakarta

yogyakarta-international-street-performance-bustiket

Yogyakarta International Street Performance (JISP) melibatkan banyak sekali seniman, koreografer, dan performing art dari dalam dan luar negeri. Acaranya sendiri diadakan di tengah jalan hingga semua orang bisa melihatnya dengan bebas. Oh ya, setiap tahun, seniman dari negara seperti Jepang, Tiongkok, India, hingga Belanda dan Meksiko kerap hadir untuk menghibur semua penonton.

Nah, apakah Sobat berencana untuk mengikuti salah satu festival tersebut? Yuk, pesan tiket bus di BUSTIKET untuk ke salah satu kota tujuan favoritmu tersebut!

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top