You are here
Home > Travel > Mengenal Lebih Dekat Dengan Gunung Rinjani

Mengenal Lebih Dekat Dengan Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan dikarenakan pemandangannya yang sangat indah. Dengan ketinggian 3.726 mdpl menjadikan Gunung Rinjani sebagai gunung api ketiga tertinggi di Indonesia. Statusnya sebagai gunung vulkanis tidak membuat para pecinta alam berhenti untuk mendaki dan menikmati pemandangan dari puncak Rinjani.

Danau Segara Anak Rinjani - BUSTIKET.COM

Gunung Rinjani yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 hektar. Yang menjadikan istimewa adalah keberadaan Danau Segara Anak yang mempesona. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Danau Segara Anak seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m.

Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut. Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru (atau Gunung Barujari) yang memiliki kawah berukuran 170m×200 m dengan ketinggian 2.296 – 2376 m dpl.

Anak Gunung Rinjani Meletus - BUSTIKET.COM

Gunung kecil ini terakhir aktif/meletus sejak tanggal 2 Mei 2009 dan sepanjang Mei, setelah sebelumnya meletus pula tahun 2004. Jika letusan tahun 2004 tidak memakan korban jiwa, letusan tahun 2009 ini telah memakan korban jiwa tidak langsung 31 orang, karena banjir bandang pada Kokok (Sungai) Tanggek akibat desakan lava ke Segara Anak. Pada Agustus 2016 ini, dikabarkan Anak Gunung Rinjani meletus. Puncak Barujari yang berada di areal Danau Segara Anak ini mengeluarkan material abu vulkanik, meskipun tidak terlihat secara visual karena tertutup kabut.

Erupsi Barujari diduga karena gempa bumi berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman 22 KM yang berpusat di 63 KM arah barat laut Kabupaten Dompu, NTB. Masyarakat di Desa Sembalun di sekitar lereng Gunung Rinjani pun sempat ngerasain guncangan gempa tersebut. Walaupun dengan adanya kejadian tersebut pendakian ke Gunung Rinjani tidak ditutup. Tetapi, perlu diingat agar tetap berhati-hati saat mendaki dan hindari area sekitar puncak Barujari dan Danau Segara Anak.

Untuk Sobat yang ingin bagpacker murah dari Jakarta – Rinjani, Lombok gunakanlah transportasi umum untuk menuju kesana karena budget yang dikeluarkan akan menjadi lebih murah. Dari Jakarta anda dapat membeli tiket bus ke Bayuwangi, setelah itu dari Bayunwangi pergilah menuju Pelabuhan Ketapang untuk menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk dan melanjutkan perjalanan hingga sampai ke kantor TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani)

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top