You are here
Home > Travel > Kota-kota di Indonesia dengan Perayaan Imlek Paling Meriah

Kota-kota di Indonesia dengan Perayaan Imlek Paling Meriah

Memasuki Tahun Baru Imlek 2568, mulai dari jalan hingga mal-mal dan pusat perbelanjaan sudah berhiaskan pernak-pernik khas imlek yang menarik. Perayaan imlek di Indonesia terbilang cukup meriah, konon imlek bukanlah suatu perayaan agama tetapi budaya.

Rasanya ada yang kurang jika liburan imlek Sobat tidak dimanfaatkan untuk travelling dan membaur dengan perayaan imlek yang akan membuat Sobat serasa berada di negeri tirai bambu. Yups, berikut ini kami akan referensikan kota-kota di Indonesia yang memiliki perayaan imlek paling meriah, diantaranya :

  1. Jakarta — Klenteng dan Pasar Petak Sembilan

Klenteng Petak Sembilan

Salah satu klenteng yang paling populer dan berusia cukup tua di Jakarta yaitu Vihara Dharma Bakti (Klenteng Petak Sembilan) yang terletak di daerah Glodok. Umumnya sama seperti klenteng lainnya, bangunan ini di dominasi dengan warna merah dengan hiasan naga dibagian atapnya. Salah satu ciri khas dari klenteng ini adalah adanya lonceng buatan tahun 1825 yang merupakan lonceng tertua dari seluruh klenteng yang ada di Jakarta.

Pasar Petak Sembilan

Bagi warga Jakarta, Pasar Petak Sembilan sudah tidak asing lagi. Pasar ini terletak di seberang pusat elektronik Glodok. Pasar ini manjadi salah satu wisata favorit jelang perayaan Imlek. Sobat dapat berburu pernak-pernik imlek dan jajanan imlek seperti kue keranjang, jeruk, leci dan plum. Nuansa orientalpun sangat terasa dengan atraksi kesenian tionghoa, hiasan lampion dan serba merah. Ditambah lagi Sobat dapat menyusuri sepanjang jalan Pasar Petak Sembilan, maka Sobat akan mendapatkan pemandangan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur Tiongkok.

  1. Bogor — Klenteng Hoe Tek Bio 

Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng yang juga bernama Vihara Dhanagun ini terletak di Jalan Surya Kencana, Bogor. Walaupun lokasinya tidak tepat di pinggir jalan, klenteng tertua di Bogor ini banyak diminati wisatawan domestik saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Wisatawan yang datang bukan hanya dari warga Bogor saja tetapi kota sekitarnya seperti Depok, Bekasi, Cianjur dan Sukabumi. Pada momentum kedua perayaan tersebut, akan digelar atraksi dan pertujukan kesenian Tionghoa dan seni budaya lokal yang dilangsungkan dengan Meriah.

  1. Banten — Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara Banten

Vihara Avalokitesvara ini merupakan vihara tertua di wilayah Banten, yang konon sudah dibangun sejak abad ke-16. Uniknya lagi, pemrakarsa pembangunan vihara ini adalah Sunan Gunung Jati yang kita ketahui sebagai salah satu dari Wali Songo penyebar agama Islam di Indonesia. Di vihara yang memiliki luas 10 Hektar ini  melayani 3 kepercayaan sekaligus, yaitu Kong Hu Cu, Taoisme, dan Buddha. Seperti vihara lainnya, vihara inipun sangat populer saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh, jadi wajar saja jika banyak wisatawan domestik yang berbondong-bondong mengunjungi vihara ini.

  1. Semarang — Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Yang keempat adalah Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Klenteng ini adalah bekas petilasan atau tempat persinggahan seorang Laksamana Tiongkok tang beragama Islam yang bernama Zheng He atau yang mungkin kita pernah dengar Laksamana Cheng Ho. Jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh, di klenteng ini juga kerap diadakan berbagai kesenian budaya yaitu dengan pertunjukan rakyat dan wayang kulit, dan tentu saja diramaikan dengan kehadiran pedagang yang menjajakan berbagai panganan khas kota Semarang.

  1. Tegal — Klenteng Tek Hay Kiong

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya khususnya dikalangan etnis Tionghoa, kelenteng ini begitu populer dan memikat selain letaknya dipusat kota, stuktur bangunan kelenteng ini dianggap menarik dan unik. Ditambah umur klenteng ini tergolong cukup tua, maka tidak heran kelenteng ini selalu ramai dikunjungi umat yang ingin melakukan kegiatan ritualnya. Klenteng ini rutin menggelar acara tahunan seperti mengadakan upacara Sejit Tek Hay Cin Jin untuk merayakan kedatangan Kong Co Tek Hay Cin Jin (utusan dagang dari Tiongkok yang akhirnya disembah sebagai Dewa Pelindung) ke Tegal dan upacara sejit dewa-dewa lainnya. Jadi tidak heran jika perayaan Imlek dan Cap Go Meh pun dirayakan dengan cukup meriah di Klenteng ini.

  1. Bangka — Phak Khak Liang dan Vihara Dewi Kwan Im

Phak Kak Liang

Kedua tempat yang mempunyai nilai hitoris ini bisa menjadi pilihan Sobat unruk berwisata Imlek dan Cap Go Meh. Phak Kak Liang terletak di Belinyu, 57 Km dari Sungailiat. Tempat ini yang menjadi saksi bisu sejarah penambangan timah di Bangka yang kemudian dijadikan kawasan wisata yang kental dengan nuansa China.

Vihara Dewi Kwan Im

Sedangkan Vihara Dewi Kwan Im lokasinya berada di Desa Jelitik, sekitar 15 Km dari Kota Sungailiat, tepatnya di bawah kaki bukit yang dialiri sungai. Di objek ini terdapat kolam pemandian air panas yang dipercaya oleh warga keturunan Tionghoa disana  dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan bisa membuat awet muda. Hmm, jadi penasaran nih.

  1. Solo — Grebeg Sudiro

Grebeg Sudiro

Di kota Solo memiliki tradisi perayaan Imlek yang sangat unik yang dinamai Grebeg Sudiro. Tradisi ini hampir serupa dengan Grebeg Suro yaitu dengan berbebut hasil bumi dan makanan, sebagai simbol untuk mendapatkan sesuatu, seseorang harus dengan kerja keras. Meskipun diwarnai dengan adat jawa, akan tetapi nuansa Tinghoa sangat terasa saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh di tempat ini, ditambah dengan penyalaan ribuan lampion di kawasan Pasar Gede.

  1. Palembang — Kuil Pulau Kemaro dan Chinatown Dempo

Pulau Kemaro adalah tempat rekreasi yg terkenal di Sungai Musi. Pulau ini  merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Di tempat ini terdapat sebuah vihara cina (klenteng Hok Tjing Rio). Disini juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.

Klenteng Hok Tjing Rio Palembang

Pernak-pernik Imlek selalu menghiasi pulau Kemaro saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh tiba. Pulau yang terkenal dengan kisah cinta yang legendaris ini selalu menarik perhatian. Jadi tak heran jika warga Palembang sangat menjaga tempat tersebut. Warga Tionghoa banyak berkunjung ke Kuil Pulau Kemaro ini untuk berdoa salah satunya untuk meminta jodoh.

Festival Imlek Dempo Palembang

Sementara di kota Palembang tepatnya di Chinatown Dempo biasanya diadakan festival imlek dengan ragam perlombaan dan aneka kuliner. Festival ini diadakan pertama kali ditahun 2015, dengan suasana ramai dan meriah. Dengan digelarnya festival ini, Pemerintah setempat mengharapkan mampu meningkatkan perekonomian dari berbagai kalangan dengan menghidupkan area pariwisata.

  1. Medan — Vihara Setia Budi

Vihara Setia Budi Irian Barat Medan

Vihara ini merupakan salah satu klenteng terbesar dan tertua di kota Medan. Nama asli dari Vihara ini adalah Klenteng Kwan Tek Kong. Vihara ini terletak agak tersembunyi di tengah permukiman warga, meskipun masih di tengah Kota Medan, tidak jauh dari Merdeka Walk.

Komunitas Tionghoa di Medan sangat banyak, sehingga perayaan Imlek dan Cap Go Meh di klenteng ini sangat meriah. Setiap tahunnya selalu diadakan Gebyar Imlek Fair yang sangat dinanti-nanti oleh warga Medan.

  1. Singkawang, Kalimantan Barat — Kota Seribu Klenteng

Klenteng Singkawang

Singkawang yang dikenal sebagai Kota Seribu Klenteng karena kota ini memang memiliki banyak klenteng dan vihara. Jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh, di kota ini rutin menggelar acara secara besar-besaran. Terdapat 5 acara besar yang kerap diadakan di kota tersebut seperti lomba hias lampion, berbagai pertunjukan seni. Pawai kendaraan hias, Cap Go Meh dan malam ramah tamah.

Pawai Tatung - Singkawang

Saat acara Cap Go Meh, kita dapat menyaksikan pertunjukan Tatung yang merupakan media utama Cap Go Meh. Atraksi Tatung menyajikan nuansa mistik dengan pertunjukkan orang-orang kesurupan yang membuat suasana semakin menegangkan. Uniknya di kota ini, banyak pribumi atau suku Dayak yang turut serta menjadi Tatung. Wahh, seru banget kan? Jadi tidak heran jika kota ini menjadi salah satu destinasi wisata Imlek utama di Indonesia.

Nah, Setelah mengetahui kota-kota dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang menarik, tentunya Sobat ingin turut merayakannya jugakan? Tak apa kalau belum kesampaian tahun ini, karena Sobat masih bisa merayakannya tahun depan dengan perayaan dan tradisi yang tak akan berubah. Gong Xi Fa Cai!

 

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top