You are here
Home > Kuliner > Kuliner Favorit Khas Semarang

Kuliner Favorit Khas Semarang

Semarang, kota Atlas ini menyimpan banyak ragam kuliner yang menggiurkan. Berikut ini adalah beberapa pilihan kuliner favorit  yang wajib Sobat BUSTIKET coba saat di Semarang.

Lumpia

Lumpia
Lumpia Semarang | Credit: Google

Lumpia semarang adalah makanan yang berisi rebung muda, telur, dan daging ayam atau udang. Makanan ini pertama kali dibawa masuk ke Kota Semarang pada tahun 1930 oleh seorang pemuda Tiongkok bernama Jwa Dayu. Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Ada 2 jenis lumpia, yaitu lumpia basah Dan lumpia Kering. Lumpia disajikan dengan saus yang ditaburi cacahan bawang putih, cabe rawit, dan bawang muda.

Ganjel rel

Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel | Credit: Google

Roti ganjel rel (kue gambang) adalah roti khas Semarang. Roti ganjel rel merupakan salah satu peninggalan Belanda. Resep yang digunakan dari dulu sampai sekarang tidak pernah berubah, masih asli dari zaman Belanda dulu. Disebut ganjel rel, karena selain teksturnya bantat, dan juga bentuknya yang seperti ganjel rel (bantalan rel). Roti ganjel rel bertekstur agak alot, namun sangat baik bagi pencernaan. Roti ganjel rel berbentuk kotak dan berwarna coklat bertabur wijen. rasa roti ganjel rel bercita rasa kayu manis. Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma coklat dan kayu manis yang nendang di lidah. Karena teksturnya yang ulet, cukup mengenyangkan di perut.

Wedang tahu

kembang Tahu
Kembang Tahu khas Semarang | Credit: Google

Wedang tahu adalah minuman yang beraromakan jahe dan berisi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Wedang tahu ini berasal dari Tiongkok yang dikenal sebagai minuman khas Semarang. Minuman ini berkhasiat sebagai penghangat tubuh dan sangat cocok bila dinikmati pada musim hujan, pada pagi ataupun sore hari.

Bandeng Presto

Bandeng Presto
Bandeng Presto Khas Semarang | Credit: Google

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak. Bandeng presto biasanya di hidangkan dengan nasi hangat dan sambal terasi.

Tahu Petis

Tahu Petis
Tahu Petis | Credit: Google

Tahu petis adalah jajanan khas kota Semarang berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang terbuat dari udang) yang dioleskan atau disisipkan di tengah-tengah tahu. Tahunya berasal dari tahu putih yang digoreng sampai kecokelatan tanpa dibumbui atau dibumbui dengan larutan garam dan bawang putih saja. Sedangkan petisnya berasa manis agak sedikit asin. Agar menggugah selera, tahu petis biasanya dimakan dengan cabai rawit.

Kue Moci

Kue Moci
Kue Moci khas Semarang | Credit: Google

Kata siapa kue moci hanya terdapat di Sukabumi atau Bandung, di Semarang juga ada lho. Kue Moci Semarang memiliki bentuk bulat kenyal terbuat dari tepung ketan dengan kacang sebagai isinya dan dilaburi tepung pada bagian luarnya. Kue Moci telah mengalami variasi dalam rasa. Rasa durian adalah salah satu yang paling dicari wisatawan yang berada di Semarang.

Babat gongso

Babat Gongso
Babat Gongso | Credit: Google

Babat gongso adalah potongan Babat dan juga jeroan lainnya, seperti ati, limpa, paru atau iso, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa manis dan pedas begitu terasa. Tak hanya itu, babat ini sangat empuk.

Nasi Gandul

Nasi Gandul
Nasi Gandul | Credit: Google

Nasi Gandul adalah nasi putih hangat yang disajikan bersama lauk dari sapi, bisa daging, lidah, jeroan, paru, apapun bagian lainnya dari badan sapi. Lalu dilengkapi dengan kuah campuran kaldu dan santan berwarna kecoklatan, keruh dan encer. Sebagai pelengkap ialah jeruk nipis, tempe yang digoreng garing serta sambal. Paling enak dinikmati sembari diselingi teh manis panas. Nasi Gandul paling nikmat disantap pada malam hari dan saat hujan.

Selain makanan-makanan di atas, masih banyak lagi kuliner khas yang terdapat di Semarang. Jika Sobat kebetulan berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Semarang diatas. Mau ke Semarang? Jangan lupa pesan tiket bus hanya di WWW.BUSTIKET.COM ya.

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Leave a Reply

Top