You are here
Home > Berita > Memperingati Hari Pahlawan, Yuk Kenali Sejarahnya!

Memperingati Hari Pahlawan, Yuk Kenali Sejarahnya!

Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari untuk memperingati jasa-jasa pahlawan Indonesia?

Pada tahun 2017 ini, genap 72 tahun sudah Indonesia merayakan hari bersejarah yang bertempat di kota Pahlawan, Surabaya. 10 November 1945 merupakan hari yang bersejarah bagi tanah air Indonesia, hari tersebut kini dikenal sebagai Hari Pahlawan Indonesia.

Mungkin tidak banyak orang terutama pemuda-pemudi yang ingat bahkan mengetahui bahwa 10 November merupakan peringatan Hari Pahlawan Indonesia atau mungkin tidak mengetahui alasan mengapa dijadikan Hari Pahlawan Indonesia. Oleh karena itu, lewat artikel ini BUSTIKET.COM akan membahas sejarah dan makna Hari Pahlawan Indonesia sekaligus memperingati Hari Pahlawan Indonesia.

Sejarah Hari Pahlawan

Pada bulan Agustus 1945, setelah menduduki Indonesia selama 3,5 tahun, Jepang menyerah kalah tanpa syarat pada sekutu dengan dijatuhkannya dua bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Di Indonesia sendiri, setelah kemerdekaan diproklamasikan, rakyat membangun berbagai gerakan untuk melucuti Jepang. Berbagai gerakan tersebut diikuti oleh pendaratan tentara Inggris di Jakarta dan Surabaya pada bulan September dan Oktober.

Pertempuran demi pertempuran berlanjut dan semakin memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur, pada tanggal 30 Oktober. Dengan kejadian tersebut, Inggris mengeluarkan ultimatum bagi Indonesia bahwa semua orang Indonesia harus menyerahkan senjata dan mengangkat tangan, dengan batas waktu 10 November 1945 pukul 06.00.

Pertempuran tersebut menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Selama hampir satu bulan, hingga 16.000 pejuang Indonesia tewas dan 200.000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Untuk mengenang para pejuang yang gugur dalam Pertempuran Surabaya inilah kemudian tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

 

Berikut Ini 5 Tokoh Pahlawan Indonesia:

     1. Bung Tomo

Bung Tomo lahir di Surabaya, Minggu, 3 Oktober 1920 dan meninggal di Padang Arafah, Arab Saudi, 7 Oktober 1981 (umur 61 tahun). Bung tomo juga memiliki karir yang cemerlang di segala bidang yang pernah bung tomo geluti.

Selepas peperangan melawan penjajah bung tomo sempat terjun ke dunia politik dengan menjadi Menteri Negara Tenaga Kerja dan Transmigrasi namun pada kenyataannya hati bung tomo tidak terpuaskan dan seringkali merasa kecewa dengan keputusan-keputusan politik saat itu.

 

     2. Ki Hajar Dewantaro

Ki Hadjar Dewantoro lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dan wafat di Yogyakarta, 26 April 1959 serta dimakamkan di Wijayabrata, Yogyakarta.

Pada tahun 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan Taman Siswa. Lewat taman siswa inilah dikenal metode dan konsep pendidikan nasional, yaitu konsep Among Sistem (Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani).

Untuk menghormati jasanya dibidang pendidikan, pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Selain itu, ia juga diberi gelar sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Berdasarkan SK Presiden RI No. 305/1959, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

      3. Soekarno

Ir. Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 serta Blitar, Jawa Timur. Ir. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia.  banyak mendirikan dan bergabung dengan berbagai organisasi. Pada saat tinggal di bandung, beliau pernah mendirikan organisasi Algemene Studi Club pada tahun 1926.

Pada tahun 1927 Ir soekarno merubah organisasi ini menjadi Partai Nasional Indonesia. Ketika mendirikan Partai Nasional Indonesia inilah, bung karno ditangkap oleh Belanda pada bulan desember 1929 dan beliau dibebaskan pada bulan desember tahun 1931. Hal itu juga dikarenakan Pledoi Indonesia menggugat yang sangat terkenal pada waktu itu.

 

 

 

       4. Pangerang Diponegoro

Bendara Pangeran Harya Dipanegara (lebih dikenal dengan nama Diponegoro, lahir di Ngayogyakarta Hadiningrat, 11 November 1785 – meninggal di Makassar, Hindia Belanda, 8 Januari 1855 pada umur 69 tahun).

Pangeran Diponegoro adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia. Ia terkenal karena memimpin Perang Diponegoro/Perang Jawa (1825-1830) melawan pemerintah Hindia Belanda. Perang tersebut tercatat sebagai perang dengan korban paling besar dalam sejarah Indonesia.

 

 

 

        5. Kyai Haji Ahmad Dahlan

Kyai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis (lahir di Yogyakarta, 1 Agustus 1868 – meninggal di Yogyakarta, 23 Februari 1923 pada umur 54 tahun) merupakan salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Ia adalah putera keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar.

KH Abu Bakar adalah seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada masa itu, dan ibu dari K.H. Ahmad Dahlan adalah puteri dari H. Ibrahim yang juga menjabat penghulu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat pada masa itu.

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top