You are here
Home > bustiket > Sejarah PO ALS, Setia Melintasi Sumatera-Jawa

Sejarah PO ALS, Setia Melintasi Sumatera-Jawa

Sobat yang sering berpergian dari Sumatra-Jawa atau sebaliknya, pasti tidak asing dengan bus dari PO ALS (Antar Lintas Sumatera). Bus yang identik dengan warna hijau ini memiliki sejarah panjang selama melintasi jalanan Sumatra-Jawa. PO ALS dimulai sejak 29 September 1966 di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara, dan terus mengembangkan diri hingga saat ini.

Nama ALS sendiri merupakan akronim dari Antar Lintas Sumatera. Diawal pendiriannya, PO ALS melayani trayek Medan – Kotanopan, kemudian mengembangkan trayek Medan – Bukit Tinggi. Barulah pada tahun 1972, PO ALS melebarkan jangkauannya ke berbagai kota di Sumatera, seperti Banda Aceh, Padang, Pekan Baru, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung.

PDiketahui bahwa pada tahun 1970an, ALS sudah bisa mengantarkan penumpang dari Sumatera ke Jawa. Padahal saat itu belum tersedia transportasi kapal feri ro-ro untuk menyeberangkan bus di Selat Sunda. PO ALS mampu mengajak kerjasama jasa transportasi lain untuk menyeberangkan penumpangnya.

Barulah pada sekitar tahun 1980-an, kapal feri ro-ro tersedia di Selat Sunda. Setelah itu, mulailah PO ALS menginjakan rodanya ke tanah Jawa dengan membuka trayek langsung ke Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Setelah sukses dengan trayek dari Sumatera ke kota-kota besar di pulau Jawa, PO ALS mulai merambah ke kota kecil seperti trayek ke Malang dan Jember. Tidak berpuas diri di pulau Jawa saja, perusahaan bus asal Sumatera ini juga turut mengepakkan sayap di pulau Dewata.

Dari segi armada, PO ALS berupaya untuk terus memperbaharui busnya. Adapun PO ALS sangat hati-hati dalam memilih model bus dari karoseri. Mengingat jalur jalanan Sumatera yang menjadi trayeknya sangatlah menantang.

Berikut RUTE PO ALS:

Ekonomi AC
Jakarta – Lubuk Linggau, Muara Rupit, Muara Enim, Tanjung Enim 270.000
Jakarta – Bukit Tinggi, Padang Panjang, Solo, Muara Bungu 320.000
Jakarta – Medan, Sidinpuan, Panyabungan, Danau Toba, Parapat, Siborong, Taratu, Siantar, Pae, Sipirik, Sibolga, Korsea 415.000

Ekesekutif
Jakarta – Lampung, Baturaja 250.000
Jakarta – Lubuk Linggau, Muara Rupit, Muara Enim, Tanjung Enim 290.000
Jakarta – Pekanbaru, Muara Bungu, Teluk Wantan, Kili Ranjau 380.000
Jakarta – Bagan Batu, Duri, Kandis 430.000
Jakarta – Rantau Praptan, Kisaran, Kota Pinang, Akanopan, Lima Pulu, Tebing Tinggi, Medan 500.000

Artikel ini telah tayang di ayonaikbis.com dengan judul “Sejarah PO ALS, Setia Melintasi Sumatera-Jawa”.

 

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top