You are here
Home > Travel > Terminal Bus Indonesia ‘Terkeren’ Yang Wajib Disinggahi

Terminal Bus Indonesia ‘Terkeren’ Yang Wajib Disinggahi

Terminal bus merupakan gerbang menuju wilayah lain baik antar kota maupun antar provinsi via transportasi darat. Tempat ini juga menjadi pangkalan bus-bus dari berbagai jurusan berkumpul untuk mendapatkan penumpang.

Keseriusan pemerintah untuk menyediakan sebuah tempat yang nyaman bagi pengguna transportasi darat ini sangat nampak pada beberapa terminal yang telah di revitalisasi sehingga fasilitasnya memadai.

Berikut ada 6 terminal bus dengan fasilitas terbaik di Indonesia. Terminal-terminal tersebut tak hanya melayani penumpang bus saja, namun juga transportasi tingkat feeder seperti mikrolet dan taksi.

TERMINAL TIRTONADI, SOLO

terminal-tirtonadi-bustiket

Salah satu terminal terbaik di Jawa tengah adalah Terminal Tirtonadi – Solo. Walaupun masih kalah besar dengan kota Yogyakarta namun terminal di kota Solo ini masih lebih baik secara struktural.

Dulunya terminal Tirtonadi ini banyak dihuni dengan gelandangan, pengemis dan penjual asongan yang sering ‘menghantui’ para penumpang. Namun dengan perbaikan di sana sini, terminal Tirtonadi kali ini mengadopsi sistem boarding pass seperti yang ada di bandara.

terminal-tirtonadi-ruang-tunggu-bustiket

Fasilitasnya pun memadai seperti; ruang tunggu ber-AC, akses Wi-Fi gratis, dam e-ticketing. Ruang Terminal Tirtonadi dibagi menjadi dua bagian, sisi sebelah barat khusus melayani berjalanan ke Jawa bagian barat, sedangkan sisi timur khusus melayani rute ke Jawa Timur. Terminal Tirtonadi Solo diharapkan akan menjadi percontohan pembangunan terminal bus nasional.

TERMINAL PULO GEBANG, JAKARTA TIMUR

terminal-pulogebang-bustiket

Terminal yang berada di kawasan Jakarta Timur ini kabarnya dinobatkan sebagai terminal terbesar se-Asia Tenggara. Terminal Pulo Gebang yang telah rampung dibagun tahun 2012 ini belum dapat beroperasi penuh dikarenakan terkendala pembangunan jembatan penghubung keluar masuk jalan Tol  Jakarta Outer Ring Road (JORR).

terminal-pulogebang-fasilitas-bustiket

Pada Maret 2015, Terminal Pulo Gebang menjadi hunian bagi 1000 bus AKAP. Belum selesai sampai di situ, tempat yang kumuh dan kotor hilang seketika saat penumpang mengetahui terminal ini memiliki hypermart, mall, SPBU, area parkir kendaraan, lift dan eskalator.

TERMINAL PURABAYA, SURABAYA

terminal-purabaya-bustiket

Terminal yang legendaris dan tertua di Surabaya ini disebut-sebut sebagai terminal paling canggih di Indonesia. Hal ini terlihat pada fasilitas seperti kamera pemantau (closed-circuit television), papan digital penunjuk jadwal keberangkatan bus, dan kartu pintar (smart card) yang terpasang pada armada-armada bus.

Meski bangunannya belum megah dan juga belum ada pusat perbelanjaan seperti di negara maju namun terminal ini terlihat serius berbenah dan merapikan wajahnya. Terminal Purabaya terdiri dari dua lantai sebagai ruang tunggu. Dalam tahap revitalisasi, terminal yang tadinya hanya memiliki 7 jalur bus akan ditambah menjadi 19 jalur bus.

TERMINAL BANDAR RAYA PAYUNG SEKAKI, PEKANBARU

terminal-bandar-raya-payung-sekaki-bustiket

Pekanbaru mempunyai terminal yang begitu megah dan mempunyai arsitektur yang terlihat warna-warni sehingga tidak membosankan. Bangunan yang sekilas tampak mirip seperti bandara ini sebenarnya adalah Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Terminal ini berada di persimpangan Jalan Arteri Siak II Labuh Baru, Payung Sekaki, Pekanbaru.

Kesan kumuh dan kusam seperti fikiran orang tentang terminal bus tidak ditemukan di sana. Toilet di terminal ini bersih, selain itu terdapat musholla, kios-kios makanan, warung telepon (wartel), tempat penitipan barang dan ruang informasi dan pengaduan. Uniknya terminal ini menyediakan penginapan bagi penumpang yang kemalaman. Kapasitasnya sekitar 50 orang terdiri dari kamar VIP dan kelas ekonomi dengan tarif yang beragam.

TERMINAL MENGWI, BALI

terminal-mengwi-bustiket

Belum banyak yang tahu bahwa terminal Mengwi punya fasilitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan terminal Ubung. Terminal Mengwi yang ada di Badung, Bali sebenarnya memiliki konsep bangunan yang megah. Terminal tipe A (rangking tertinggi dari sebuah terminal bus) yang ada di Bali ini boleh disejajarkan dengan terminal lain di Indonesia yang juga memiliki kemegahan serupa. Namun sayang terminal ini sepi dan kurang optimal pemanfaatannya.

Terminal bus yang menempati lahan seluas 15 hektar ini dibangun untuk sanggup menampung 150 bus per hari. Namun setelah dibuka tahun 2012 silam terminal ini nampak sepi mungkin dikarenakan letaknya yang berada di luar kota sehingga para penumpang yang hendak ke Denpasar harus naik angkot jurusan terminal Ubung.

Rencana traveling ke luar kota seringkali memunculkan beberapa opsi angkutan umum yang ekonomis, praktis dan cepat serta tidak capek untuk perjalanan jauh. Moda transportasi yang menjadi pilihan utama adalah bus, sebab pemesanan tiket saat ini bisa dengan mudah dilakukan secara online. Tak heran jika banyak traveler yang memilih transportasi ini.

Meski fasilitas terminal bus di Indonesia masih kalah dari fasilitas terminal di luar negeri namun dengan adanya revitalisasi ini diharapkan suatu saat nanti semua terminal di Indonesia sejajar dengan negara lain. Nah, apakah Sobat pernah mengunjungi Terminal bus lain yang lebih baik lagi, share yuk di kolom comment!

BUSTIKET .COM
BUSTIKET.COM - Penyedia layanan pemesanan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Indonesia. BUSTIKET.COM, Gak Antri, Gak Ribet !
https://bustiket.com

Similar Articles

Top